Menulis, membaca, dan menghitung adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki anak sejak dini. Ketiga kemampuan tersebut akan sangat membantu anak di masa depan, baik saat sekolah, pekerjaan, maupun bidang lainnya. Maka dari itu, penting bagi anda untuk membantu anak dalam menguasai ketiga kemampuan tersebut. Untuk kali ini, kami akan bahas mengenai kemampuan menulis terlebih dahulu. Ada banyak cara mengajari anak menulis yang bisa anda coba praktekkan di rumah.

Cara Mengajari Anak Menulis

Berikut adalah beberapa cara mengajari anak menulis selengkapnya untuk anda.

Melatih Dasar Teknik Memegang Pensil

Hal pertama dalam cara mengajari anak menulis ialah pastikan anak anda mengetahui cara memegang pensil secara benar. Anda bisa mencontohkan memegang pensil dengan ibu jari dan jari telujuk. Sedangkan untuk ketiga jari ada di bagian belakang telunjuk ikuti arah tangan. Kemudian tentukan jarak antara ujung pensil dengan jari tangan. Tekanan dari pensil ke kertas tak terlalu kuat serta tak terlalu lemah. Mulailah dengan cara ini selama beberapa kali sampai anak anda paham betul mengenai cara memegang pensil yang tepat.

Melatih Menulis Sesuai Garis Kertas

Cara mengajari anak menulis selanjutnya ialah dengan melatih menulis sesuai garis kertas. Saat anak baru belajar menulis, umumnya tulisan akan seperti naik gunung, yang semakin ke kanan semakin ke atas, atau sebaliknya. Hal ini memang wajar. Anda bisa ajarkan anak untuk menulis yang datar. Ajarkan tentang kebiasaan menulis rapi dengan teknik menulis sesuai garis kertas. Hal ini cukup efektif. Biarkan anak terlihat kaku, akan tetapi nantinya anak akan terbiasa. Dengan begitu, ke depan tulisannya bisa semakin rapi, tak lagi naik gunung ataupun turun gunung.

Melatih Dengan Mulai Dari Satu Huruf

Lalu anda harus mencoba untuk mengajari anak mengenai cara menulis yang pelan atau lambat. Pertama-tama, anda bisa meminta anak untuk menulis dari satu huruf saja pada satu lembar kertas. Anak bisa ulangi langkah ini hingga beberapa kali sampai anak dapat menulis satu huruf secara rapi. Setelah itu, anak bisa melanjutkan dengan menulis huruf yang lainnya sampai semua huruf dapat dipraktekkan secara baik. Sesudah anak dapat menulis semua huruf secara rapi dan baik, maka mintalah anak untuk menulis dengan beberapa kata.

Gunakan Permainan Untuk Latihan Menulis

Permainan memang sangat baik untuk mengatasi anak yang tengah malas menulis. Hal ini dikarenakan anak memang pada masa bermain. Anak tak bisa berpikir serius, terutama saat dipaksa untuk berpikir dewasa. Pada perkembangannya, bermain serta belajar adalah dua hal yang tak bisa terpisahkan. Anda bisa menggabungkan permainan dan belajar. Dengan belajar serta bermain, tak hanya bisa meningkatkan intelegensinya saja, akan tetapi juga kemampuan berkomunikasi, emosional, serta keaktifan anak. Anda bisa ciptakan suasana yang riang dengan penuh permainan dalam melatih anak menulis.

Mengajari Anak Ejaan

Teknik mengeja dalam menulis ataupun membaca memang tak terlalu sering digunakan oleh orangtua. Anda yang mengenalkan beragam huruf secara langsung seringkali menjadikan anak tak mudah mengerti. Anak yang cerdas mungkin dapat memahami cara ini. Akan tetapi, jika anak tidak mengerti, maka anak tak bisa menulis secara baik. Alangkah baiknya anda mengajari anak dengan teknik mengeja. Apabila anak bisa mengeja secara baik, maka anak biasanya bisa lebih terbiasa menulis secara rapi dan benar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here