Sakit pinggang termasuk umum dialami. Berdasarkan posisi sakitnya, sakit pinggang dibedakan menjadi 3 kategori, yakni sakit pinggang sebelah kiri, sakit pinggang tengah, dan sakit pinggang sebelah kanan. Untuk kali ini, kami akan bahas mengenai sakit pinggang sebelah kiri. Berbeda dengan penyakit lainnya, sakit pinggang sebelah kiri ini tidak menampakkan gejala atau tanda yang bisa kita kenali sejak awal. Dengan begitu, cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri hanya bisa dilakukan setelah kita merasakan sakitnya.

Karena tidak memiliki gejala, pastikan anda menghindari hal-hal yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri. Adapun penyebab sakit pinggang sebelah kiri diantaranya yaitu diskus menonjol, skiatika, stenosis spinal, gangguan ginjal, dan otot tegang. Jika sebelumnya anda tidak mengetahui penyebabnya hingga akhirnya mengalami sakit pinggang sebelah kiri, anda harus segera mempraktekkan cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri secepat mungkin.

Cara Mengatasi Sakit Pinggang Sebelah Kiri

Berikut adalah deretan cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri selengkapnya untuk anda.

1. Terapi Dingin dan Panas

Cara mengatasi sakit pinggang sebelah kiri yang pertama ialah dengan melakukan terapi dingin dan panas. Cara yang satu ini dianjurkan pada sakit pinggang sebelah kiri akibat cedera. Sebelum anda menggunakan kompres panas, terlebih dahulu anda beri kompres es pada bagian pinggang yang sakit. Hal ini bisa mengurangi sakit dengan cara memunculkan rasa kebas sekaligus menurunkan bengkak dan radang.

Selang 2 hari setelah cidera, baru anda bisa memberikan kompres panas. Rasa hangat bisa membuat otot yang terasa nyeri menjadi rileks sekaligus meningkatkan aliran darah. Terapi ini bisa membantu proses penyembuhan. Kompres hanya dapat diberikan selama 20 menit supaya kulit anda tetap dapat beristirahat dari sensasi dingin ataupun panas dari kompres.

2. Terapi Fisik

Selain terapi dingin dan panas, anda juga bisa melakukan terapi fisik. Terapi fisik merupakan terapi yang dilakukan dengan merubah kebiasaan kegiatan anda sehari-harinya. Adapun caranya ialah dengan merubah posisi tidur. Anda bisa tidur berbaring ke sebelah kanan dengan posisi pinggang sebelah kiri berada di atas. Dengan begitu, pinggang sebelah kiri yang nyeri tak terbebani.

Cara lainnya, anda juga bisa mengurangi porsi kerja yang mengutamakan otot. Dengan begitu, anda bisa beristirahat dengan waktu cukup. Hal ini tentu saja bisa segera mengurangi rasa sakit pada pinggang sebelah kiri anda. Apabila sakit pinggang disebabkan oleh menonjolnya diskus, gejala nyeri pada pinggang sebelah kiri akan sembuh dengan sendirinya.

3. Aerobik

Latihan aerobik menjadi salah satu cara terbaik yang bisa anda lakukan guna meredakan nyeri pinggang sebelah kiri. Anda bisa mencoba latihan low-impact aerobics yang bisa mengurangi kekakuan sekaligus melancarkan aliran darah pada tulang belakang anda.

Selain itu, anda juga bisa memilih latihan jalan santai, berenang, latihan menggunakan sepeda statis, ataupun aerobik air. Waktu latihan yang disarankan sekitar 20-30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu. Apabila anda menderita sakit pinggang sebelah kiri yang parah, ada baiknya anda lakukan latihan secara bertahap yang dimulai dari jalan santai sekitar 5-10 menit.

4. Obat Penghilang Rasa Sakit

Anda bisa konsumsi obat penghilang rasa sakit dengan jenis paracetamol. Jangan lupa juga untuk menggunakan dosis yang sesuai. Apabila anda termasuk penderita sakit pinggang sebelah kiri karena stenosis spinal, umumnya ada pengobatan khusus. Pada umumnya menggunakan jenis obat non steroid, anti depresan, perelaksasi otot, hingga suntikan steroid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here